www.surarafakta.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
 
Bersama Instyawati Ayus, RMB Pekanbaru Sosialisasi 4 Pilar MPR RI: NKRI Dibagi Atas Daerah
Minggu, 05-09-2021 - 16:40:33 WIB
dari Kiri Kekanan T. Hendra Yuda, Instyawati Ayus, Ade Hartarti
TERKAIT:
 
  • Bersama Instyawati Ayus, RMB Pekanbaru Sosialisasi 4 Pilar MPR RI: NKRI Dibagi Atas Daerah
  •  

    Suarafakta.com, Pekanbaru -  Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Rumpun Melayu Bersatu Laskar Hulu Balang Melayu Riau (RMB-LHMR) Kota Pekanbaru menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

    Acara yang dilaksanakan oleh Sekretariat MPR RI itu diadakan di Hotel City Smart Jalan Gatot Soebroto Kota Pekanbaru menghadirkan Legislator DPD RI Dapil Riau Instyawati Ayus didampingi  Anggota DPRD Provinsi Riau Ade Hartati, Sabtu (4/9/21).

    Empat Pilar MPR RI terdiri dari Pancasila Sebagai dasar dan Ideologi Negara. Kedua, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 sebagai Konstitusinegara dan Ketetapan MPR. Ketiga, Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Negara. dan Ke empat, Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara.

    Didalam paparanya mengenai Pancasila Sebagai Dasar Negara. Instyawati Ayus menjelaskan didalam tubuh pancasila memuat tentang Agama, Sosial, Budaya, adab, dan adat istiadat yang tumbuh Kembang ditengah masyarakat.

    “Nilai dari kelima unsur pancasila terebut ialaha Moral dan Etika. Artinya seseorang dikatakan memahami Pancasila apabila dia memiliki Nilai Moral dan Etika” ungkap Legislator Riau Itu

    “Hirarki tertinggi dari Peraturan Perundang-Undangan ialah Undang Undang Dasar 1945, yang merupakan rujukan dari peraturan perundang-undangan dibawahnya” kata instyawati ayus saat menerangkan pilar kedua MPR RI.

    Ia menjelaskan fungsi dari peraturan perundang-undangan ialah untuk mengatur tata kelola, mulai dari tingkat atas, UUD 1945 yang berfungsi mengatur tata kelola negara, sedangkan untuk tingkat bawahnya seperti perda, berfungsi mengatur tata kelola daerah. Artinya, nilai dari peraturan perundang undangan itu terletak pada ketaatan Hukum.

    “seseorang dapat dikatakan memahami Undang Undang Dasar apabila didalam kehidupannya konsisten mentaati hukum, baik  aturan yang tertulis maupun yang tidak tertulis” jelas Legislator bergelar Panglima Sama Diraja itu.

    Pada pilar ke tiga MPR RI. Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Negara. Instyawati Ayus mengatakan nilai dari Pilar ke tiga itu terletak pada rasa Nasionalisme dan Patriotisme.

    “Seseorang dapat dikatakan memahmi NKRI sebagai Bentuk negara apa bila didalam dirinya memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme”.

    Ditambahkan Instyawati Ayus, arti dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, ialah Negara Indonesia dibagi atas daerah daerah Provinsi, dan daerah daerah provinsi dibagi atas daerah daerah kabupaten. Artinya kata dia “Negara kesatuan Republik Indonesia adalah Satu, setelah itu baru kemudian dibagi atas daerah daerah, sehingga negara kesatuan tidak bisa dipisah satu sama lain”.

    Terakhir, didalam menjelaskan Pilar Ke Empat, Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara, Instyawati Ayus mengatakan “nilai dari pilar keempat MPR RI itu terletak pada saling menghargai dan saling menghormati”. Pungkas Panglima Rumpun Melayu Riau Laskar Hulu Balang Melayu Riau Instyawati Ayus.

    Para Audiens serius mendengar pemaparan 4 Pilar MPR RI dari Pemateri Instyawati Ayus dan Ade Hartarti

    Anggota DPRD Provinsi Riau Ade Hartarti yang juga memberi materi pada sosialisasi itu menekankan demokrasi tidak boleh menggeser pancasila dan undang undang dasar 1945, karena pancasila dan UUD 1945 itu merupakan warisan para pendiri bangsa.

    “Untuk itu rakyat harus betul betul menetukan calon pemimpinnya agar negara kesatuan Republik Indonesia ini masih tetap menjadi satu kesatuan yang utuh, walaupun negara ini berangkat dari, beragam Suku, agama adat dan budaya, tetap menjadi satu kesatuan dan bersama pemerintah membangun negara ini” kata Ade hartarti.

    Disela acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI itu, kepada awak media, Panglimo Wilayah Kota Pekanbaru RMB-LHMR Datuk T. Hendra Yuda mengatakan kegiatan itu terlaksana berkat kerjasama antara MPR RI dengan DPW RMB Kota Pekanbaru

    “kegiatan ini diselenggarakan oleh Sekretariat MPR RI, dan suatu kehormatan, kami dipercaya oleh Tun Sri Insyawati Ayus sebagai panitia penyelenggara” tutur T. Hendra.

    Ia mengungkapkan kegiatan Sosialisasi ini sangat penting di adakan karena menambah wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air.

    “seperti yang telah diuraikan oleh Tun Sri Instyawati Ayus tadi, nilai dari empat Pilar MPR RI terletak kepada Moral dan Etika, ketaatan terhadap hukum, memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme, serta saling menghargai satu sama lain. Jika empat nilai ini kita terapkan didalam kehidupan sehari hari, saya meyakini persatuan dan kesatuan antar warga negara akan semakain solid, dan kita tidak mudah di pecah belah.” pungkas Datuk hendra.






     
    Berita Lainnya :
  • Bersama Instyawati Ayus, RMB Pekanbaru Sosialisasi 4 Pilar MPR RI: NKRI Dibagi Atas Daerah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Kaperwil Suarafakta.com dan NGO – BIDIK Ri Ramah Tama Bersama Kodim 0304 / Agam
    2 Dituntut 4 Tahun Penjara Melakukan Pembakaran Lahan, Kuasa Hukum Syafrudin Bacakan Pledoi
    3 Miriss !! Sudah 75 Tahun Indonesia Merdeka, SDN 38 Palembayan Masih Kekurangan Lokal Dan Rusak Berat
    4 Pelantikan Sekwil,Korwil FPII Se Riau,Presedium Paparkan Penderitaan Pers, Hingga Lahir FPII
    5 Sandi Octa Petani Milenial Beromzet Rp 500 Juta
    6 Menhan Prabowo Siap Turun Tangan Menangkan Hati Warga Papua
    7 Sekolah Dilarang Menahan Ijazah Siswa yang Belum Lunasi Iuran
    8 Penyemprotan Desinfektan Upaya Pemutusan Rantai Penyebaran Covid-19
    9 Informasi Pekanbaru Lockdown 7 April Tidak Benar
    10 Panglima TNI Pimpin Upacara Pemakaman Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. BINTANG GRAFIKA PERS, All Rights Reserved