www.surarafakta.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
 
Diduga Lakukan Murk up , LSM BIDIK RI Minta Kejari Periksa Kadis Pendidikan Bukittinggi dan Rekanan
Rabu, 09-06-2021 - 14:53:11 WIB

TERKAIT:
 
  • Diduga Lakukan Murk up , LSM BIDIK RI Minta Kejari Periksa Kadis Pendidikan Bukittinggi dan Rekanan
  •  

    Suarafakta.com, Bukittinggi - Proyek Pembangunan SDN.08 Cimpagoh Ipuh di Jangkak Bukittinggi menelan biaya anggaran  Rp. 2.528.768.535 sumber dana APBD Ta. 2020

    Ironisnya proyek pembangunan SDN.08 Cimpagoh Ipuh Kec. MKS Kota Bukittinggi sarat dugaannya mark up material atau pengurangan bahan baku bangunan hal ini la menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK), salah satu tiang pondasi bangunan, BPK memberi tanda setiap tiang pondasi untuk di bongkar agar di ganti sesuai dengan perencanaan dalam auditnya.

    Directur Investigasi Lembaga Swadaya Mastarakat- Badan Investigasi Demokrasi Informasi Keadilan Republik Indonesia ( BIDIK RI) Rahmat Piliang, SH mengatakan (09/06/21) kepada awak media terkait yang sudah menjadi temuan BPK RI pada pekerjaan Kontruksi bangunan SDN 08 Cimpagoh Ipuh Bukittinggi, penegak hukum Khususnya Kejaksaan Negeri (Kajari) Bukittinggi harus berperan andil untuk memanggil dan mereview issu yang berkembang saat ini ditengah publik terkait SDN 08, bahwa sudah ada niat jahat oknum kontraktor (PT. Rahmawijaya) yang menyalahi aturan bestek.

    Tambah Rahmat, kalau seandainya tidak ada rekomendasi BPK pada saat auditnya terhadap pekerjaan bangunan SDN.08 Cimpagoh Ipuh di Jangkak maka "Kuat dugaannya kontraktor nakal ini, akan tidak memperbaiki bagian yang rusak atau besi pondasi tiang yang tidak sesuai Rancangan Anggaran Biaya ( RAB) bisa di anggap angin lalu oleh oknum rekanan".

    Pasalnya sudah ada dalam Surat Perjanjian Kontrak (SPK), beberapa poin perjanjian yang harus di penuhi oleh rekanan, agar mengikuti aturan pada Rancangan Anggaran Umum ( RUP) Nomor. 26986816 antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kota Bukittinggi dan PT. Ramawijaya yang berdomisili di luar Bukittinggi atau beralamat di Rengat Prov. Riau pada pelaksanaan mulai kerja juni s/d Nopember 2020

    Pihak yang ikut bertanggung jawab kata Rahmat dalam Pekerjaan SDN 08 Cimpagoh Ipuh  pengawasa Pejabat Pembuat Teknis Kerja ( PPTK) dari Dinas PU, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)  sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran ( KPA)  Kabid Dinas Pendidikan Pengguna Anggaran ( PA)  Kadis, yang lebih cenderung lagi konsultan pengawas,  ini adalah pengawas independen yang di biaya oleh uang negara namun pekerjaannya dalam pengawasan hanya tutup mata dan terkesan adanya pembiaran kepada PT. Ramawijaya yang bekerja tidak mengacuh spekfikasi teknis.

    Bagi kami ( LSM BIDIK RI) melihat secara hukum Tindak pidana korupsi ( Tipikor)  ini adalah Leks Specialys sesuai UU Ri No. 31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi dan Perubahannya No. 20 Tahun 2021 karena korupsi perbutan berjamaah, kenapa ini bisa terjadi Provisional hand over ( PHO) serah terimah ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi dari Kontraktor PT. Ramawijaya berarti dugaannya terindikasi kongkalikong.

    Kami dari LSM BIDIK RI tegas Rahmat, sudah mensomasi Sdr Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi pada tanggal 17  mei 2021kita akan menguju nyali Kejaksaan Negeri Bukittinggi

    Terhadap proyek bermasalah, walaupun saat ini rekanan sedang memperbaiki namun tidak menutup delik pidananya, bahwa dengan waktu yang du berikan oleh BPK 60 hari sangat rentan minim waktu, pembangunan SDN 08 Cimpagoh Ipuh bahwa kuat dugaan ada persekongkolang jahat rekanan dan Dinas Pendidikan & Kebudayaan Bukittinggi setelah di audit BPK baru mengakui kesalahan gagak kontruksi kemana konsultan pengawas independennya ? Ucap Rahmat Piliang, kami sudah lengkapi alat buktinya berupa dikumen gambar material bagian kontruksi dan lainnya.

    Tim




     
    Berita Lainnya :
  • Diduga Lakukan Murk up , LSM BIDIK RI Minta Kejari Periksa Kadis Pendidikan Bukittinggi dan Rekanan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Kaperwil Suarafakta.com dan NGO – BIDIK Ri Ramah Tama Bersama Kodim 0304 / Agam
    2 Dituntut 4 Tahun Penjara Melakukan Pembakaran Lahan, Kuasa Hukum Syafrudin Bacakan Pledoi
    3 Miriss !! Sudah 75 Tahun Indonesia Merdeka, SDN 38 Palembayan Masih Kekurangan Lokal Dan Rusak Berat
    4 Sandi Octa Petani Milenial Beromzet Rp 500 Juta
    5 Pelantikan Sekwil,Korwil FPII Se Riau,Presedium Paparkan Penderitaan Pers, Hingga Lahir FPII
    6 Menhan Prabowo Siap Turun Tangan Menangkan Hati Warga Papua
    7 Sekolah Dilarang Menahan Ijazah Siswa yang Belum Lunasi Iuran
    8 Penyemprotan Desinfektan Upaya Pemutusan Rantai Penyebaran Covid-19
    9 Informasi Pekanbaru Lockdown 7 April Tidak Benar
    10 Panglima TNI Pimpin Upacara Pemakaman Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. BINTANG GRAFIKA PERS, All Rights Reserved