www.surarafakta.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
 
Daripada Kerja Keras, Lebih Baik Kerja Cerdas dengan Tips Berikut
Senin, 12-03-2018 - 00:07:44 WIB
ilustrasi (Photo :  womendish.com)
TERKAIT:
 
  • Daripada Kerja Keras, Lebih Baik Kerja Cerdas dengan Tips Berikut
  •  

    suarafakta.com, Jakarta - Hari-hari produktif seperti Senin sampai Jumat akan dihabiskan di kantor. Bekerja seharian belum tentu mendapat hasil yang memuaskan. Juga tidak menjadi jaminan pekerjaan mendapat apresiasi dari atasan.

    Kerja keras saja tidak cukup saat meniti karir. Di balik kerja keras, seorang karyawan harus bekerja dengan lebih cerdas. Cerdas yang dimaksud adalah mampu memanfaatkan peluang menjadi koin-koin emas saat berkarier. Bagaimana caranya? Simak tipsnya di bawah ini.

    1. Menetapkan Rutinitas

    Aktivitas yang Anda lakukan setiap hari merupakan bagian dari rutinitas. Misalnya, berangkat ke kantor. Karena hal ini merupakan rutinitas, Anda tidak perlu mengingatkan diri sendiri untuk berangkat ke kantor.

    Hal yang sama juga harus diterapkan saat menyelesaikan tugas kantor. Tetapkan timing yang pas saat mengerjakan tugas sehingga aktivitas ini menjadi rutinitas sehari-hari. Lakukan dengan senang hati agar proses penyelesaian tugas lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan.

    2. Menetapkan Tujuan yang Jelas


    Selanjutnya adalah menetapkan tujuan. Hasil pekerjaan jauh lebih maksimal jika Anda menetapkan tujuan yang jelas saat mengerjakannya.

    Luangkan waktu untuk membayangkan pekerjaan apa yang harus diselesaikan hari ini. Lalu, catatlah poin-poin penting dari pekerjaan tersebut. Dan yang terakhir adalah fokus untuk mengerjakan poin-poin yang sudah dicatat untuk menunjang perkembangan karier.

    3. Disiplin

    Godaan saat bekerja akan muncul dan kadang kala tidak bisa dielakkan. Supaya tidak mudah tergoda, katakan “tidak” pada kemalasan. Cobalah untuk lebih disiplin saat bekerja. Selesaikan tugas yang menjadi prioritas dan gapai tujuan yang telah dibuat sebelumnya. Jauhkan diri dari hal-hal yang membuat Anda terganggu, misalnya gadget.

    4. Berpikir Positif

    Masalah-masalah yang terjadi di tempat kerja tidak dapat dielakkan. Masalah ini juga yang menjadi akar penyebab terhambatnya proses penyelesaian tugas.

    Meskipun tugas yang diberikan tidak dapat diselesaikan pada hari itu juga, cobalah untuk berpikir positif. Percaya pada diri sendiri dan kemampuan yang Anda miliki. Katakan kalau tugas tersebut dapat selesai dengan cepat. Jangan ambil kesimpulan sendiri sebelum bertindak. Ini yang harus Anda pegang teguh saat bekerja.

    5. Mengecek Email Penting

    Email demi email akan terus berdatangan pada hari kerja. Namun, hanya sebagian yang bisa dikategorikan sebagai email penting. Sisanya hanya email sponsor atapun email tentang promo dari online shop tertentu.

    Agar email-email penting tidak tenggelam, cek email tersebut setiap hari. Kalau perlu, berikan tanda “bintang” untuk email-email penting agar tidak ada satu pun dari email tersebut yang terlewatkan. Dengan begitu, Anda tetap tahu email yang ada kaitannya dengan perusahaan.

    6. Membangun Tim Kerja

    Tidak semua tugas kantor harus diselesaikan secara individu. Sebagian ada yang harus dikerjakan secara tim karena tingkat kesulitan tugas yang lumayan tinggi. Agar tugas untuk tim menuai hasil yang lebih maksimal, bangun tim kerja yang bagus. Rekrut rekan kerja yang memiliki tujuan, prinsip, dan misi yang sama saat bekerja.

    Ada banyak masalah yang mungkin terjadi saat menyelesaikan tugas tersebut. Namun, karena Anda bekerja dengan tim, masalah tersebut pun dapat diatasi dengan cepat tanpa harus dibawa stres.

    7. Menghargai Prestasi Kecil

    Meskipun atasan tidak selalu mengapresiasi apa yang sudah Anda kerjakan, Anda bisa mengapresiasi hasil kerja sendiri. Hargai setiap usaha dan prestasi yang sudah Anda lakukan selama bekerja. Dengan demikian, Anda semakin semangat dan termotivasi saat bekerja.

    8. Istirahat yang Cukup

    Pekerjaan berat di kantor sangat menguras tenaga. Agar performa kerja tetap stabil, sisihkan waktu untuk beristirahat sejenak. Manfaatkan jam istirahat kerja untuk menyegarkan pikiran, misalnya berjalan-jalan keluar kantor.

    Kalau Anda punya jam istirahat lebih, gunakan untuk tidur siang. Namun, jangan sampai kebablasan ya karena hal ini akan menurunkan produktivitas Anda saat bekerja.

    Bekerja Lebih Cerdas dengan Tips-Tips Cerdas

    Siapa pun sanggup menjadi pekerja keras, tapi hanya sebagian yang sanggup menjadi pekerja cerdas. Agar bekerja lebih cerdas dapat terwujud, lakukan tips-tips cerdas yang sudah dijelaskan di atas. Sebab sesuatu yang cerdas dapat digapai dengan tips yang cerdas pula.



    (OKZONE)



     
    Berita Lainnya :
  • Daripada Kerja Keras, Lebih Baik Kerja Cerdas dengan Tips Berikut
  •  
    Komentar Anda :

     
    dan target=_blank>
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Ketahuan ! Dua Anggota Militer Amerika Menyusup di Upacara HUT TNI, Mata-mata?
    2 Kisah Sedih Wiwit Dikubur Bersama Gaun dan Perlengkapan Pre-wedding
    3 Dua Pengawal Presiden Jokowi Ditikam Orang Tak Dikenal di Gambir
    4 Tragis Ibu Muda Ini Bawa Jasad Bayinya Usai Diperkosa di Angkutan oleh Tiga Pria
    5 Geger Tabungan Siswi SMP Rp 42 Juta, Sekolah Hanya Akui Rp 135 Ribu
    6 Seleb
    Bangkrut Hingga Harus Jualan Bubur, Norman Kamaru Kini Ketiban Rezeki Nomplok
    7 Selingkuh di Hotel, Personil Polres Kuansing Digerebek Propam Polda Riau
    8 Heboh...!!! Siswi SMP Diperkosa 5 Temannya Di Dalam Kelas
    9 Remaja 16 Tahun Nikahi Nenek 71 Tahun, Begini Malam Pertamanya
    10 Begini Malam Pertama Pengantin Remaja 16 Tahun dengan Nenek 71, Gubernur Alex Pun Berkomentar
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016 PT. BINTANG GRAFIKA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica